PEMANFAATAN PEKARANGAN

Hidupsehatmerupakandambaanbagisetiapindividu, sebabhanyadalamkondisisehat orang bisaberfikircemerlangdantentusajaakanlebihproduktif. Padasebagiankalanganmasyarakatberkembangopinibahwauntukbisahidupsehatdiperlukanbiaya yang tidaksedikitkarenatubuhmemerlukanberbagaimacamasupangizi, baik yang diperolehdariproduk/makananimpormaupunmakanan-makanan yang telahsiapsaji.
Namuntidakdemikianhalnyabagi orang yang mauberbuat, tahubagaimanacaraberbuatdanbagaimanaberusahamemanfaatkanapa yang dimiliki, tentunyaopinitersebutdapatdipatahkan. Kuncimurahdanmudahuntukdapathidupsehatsangatlahsederhanayaitujikasetiap orang maumeluangkanwaktuuntukmelakukanpengelolaandalampekaranganrumah.

Pekaranganadalah areal tanah yang biasanyaberdekatandanmenjadibagiantakterpisahkandengansuatubangunanatauterkaitdengankepemilikandalamsuatupersil. Tanah inidapatdiplester, dipakaiuntukberkebun, ditanamibunga, ataukadang-kadangmemilikikolam.Pekarangandapatberada di depan, belakangatausampingsebuahbangunan, tergantungseberapabesarsisatanah yang tersediasetelahdipakaiuntukbangunanutamanya. (wikipedia)
Jikadikeloladenganbaikpekaranganrumahdapatmemberikanmanfaatbagikehidupankeluargaseperti :tempatbermain, tempatrekreasi, sumberpangandanjugasebagaisumberpendapatan. Pemanfaatanlahanpekaranganbaik di daerahpedesaanmaupunperkotaanbisamendukungketahananpanganrumahtanggadenganmemberdayakanpotensidisekitarlingkungantempattinggalkitamasing-masing.
Tujuandaripemanfaatanpekaranganadalahuntukmeningkatkanpemenuhangizimikromelaluiperbaikan menu keluarga, menumbuhkankesadarankeluarga agar mengenalidanmengetahuisumber-sumberpangan yang adadisekitarkita, menumbuhkankesadarankeluarga agar maudanmampumemanfaatkanbahanpekaranganmenjadisumberpangandangizikeluargadandapatdijadikansumberpendapatankeluarga. Sehinggapemanfaatanlahanpekaranganmerupakansalahsatu alternative untukmewujudkankemandirianpangandalamrumahtangga.
Padadasarnyamemanfaatkanpekaranganadalahpekerjaan yang mudahdanmenyenangkankarena :

  • Semuaanggotakeluargadapatmembantumengelolapekarangan.
  • Pengaturantanaman di pekaranganmerupakankegiatan yang tidaksulitkarenabibit/benihsayuran, buah-buahandanternakdapatdisediakan di pekarangan.
  • Denganpergilirantanaman yang baik, bahanmakanandapatdihasilkansecaraterusmenerusdenganjenis yang beranekaragam.
  • Kotoranternakdenganmemperhatikankebersihannyadankesehatannyadapatdigunakansebagaipupuktanamandansisatanamandapatdigunakansebagaimakananternakdanikan.
  • Pengaturantanaman di pekarangandapatmenambahkeindahanrumahsekaligusmemperbaikilingkunganhidup.
Bagirumahtangga yang mempunyaipekaranganluaskhususnyadipedesaanpekaranganakanlebihmudahdikembangkandandimanfaatkansepertiuntukbercocoktanam, beternak, danmembuatkolamikan, namunbagimasyarakat yang pekarangannyasempit  dapatditerapkansistim TABULAPOT (tanamanBuah/bumbudalam pot). Bilahalinidapatkitalakukandanmengaturnyasesuaidenganpenataaneksteriortentunyapekaranganrumahakantampakasridanjugabermanfaatuntukupayadiversifikasipangandangizi yang secaralangsungdapatberkontribusimewujudkanketahananpangandanmeningkatkankualitaskesehatan.
Sungguhbesarartidanmanfaatuntukkebutuhandankelangsunganhidupkitajikapekarangansekitarkitadapatkitamanfaatkan. Berikutfungsidanmanfaatpekaranganyaitu :
  1. Pemenuhangizikeluarga :adabeberapatanaman, ternakdanikan yang dapatdipelihara di pekarangandanmenghasilkanmakanan yang dibutuhkankeluarga. Sepertiumbi-umbiansebagaisumber vitamin, sedangkanternakdanikansebagaisumber protein danlemak.
  2. Sebagailumbungpangan :hasildariusahapekarangandapatdiambilsewaktu-waktudantidakadamusimpacekliknya.
  3. Apotikhidup :pekarangandapatditanamiberbagaitanamanobat yang berkhasiat, jikaanggotakeluargasewaktu-waktusakitdapatditanggulangisementaradenganobat yang ada di pekarangan.
  4. Menambahpenghasilan :pekarangan yang dikeloladenganbaik, hasilnyadapatdijualsebagaisumberpendapatankeluargakarenabanyakkomoditastidakmembutuhkanlahan yang luasuntukmembudidayakannya.
  5. Menghasilkanbahanbangunan :jenistanamanpohonsepertibambu, kelapa, nangkadantanamanlainnya yang ditanam di pekarangandapatdijadikanbahanbangunandankerajinanrumahtangga.
  6. Sebagaitempatrekreasikeluarga :pekarangan yang ditatadandirawatsecarateraturakanmemberikankeindahandan rasa tentrambagi orang yang melihatnyasertamembuatkitabetahtinggal di rumah.
Begitubesar  fungsidanmanfaat  pekaranganjikadikeloladenganbaik, mari  manfaatkanpekarangananda,       kalaubelum………..yukmulaisekarang……tidakada kata terlambat.

Oleh :Yoyoh R, SST.
PPL Kec. Cipeucang

Dari berbagaisumber

Komentar